UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM ID

[Batam, 21 Mei 2024] – Program Sarjana Hukum Universitas Internasional Batam (UIB) sukses menyelenggarakan webinar internasional bertajuk “From Ideas to Impact: The Blueprint for Writing Successful Papers in International Journals”. Webinar ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai penulisan hasil penelitian kepada mahasiswa dan dosen, baik dari Universitas Internasional Batam (UIB) maupun universitas lainnya.

Acara yang berlangsung secara online melalui platform Zoom Meeting ini diadakan pada Kamis, 16 Mei 2024, mulai pukul 15.00 hingga 17.00 WIB. Webinar ini menghadirkan dua pembicara, yaitu Bapak Muhammad Bahrul Ulum, S.H., LL.M., yang saat ini sedang menempuh studi doktoral di Queensland University of Technology, Australia, dan Bapak David Tan, S.H., M.H., M.M., M.Kn., dosen Ilmu Hukum di Universitas Internasional Batam (UIB).

Acara ini dipandu oleh Ibu Ninne Zahara Silviani, S.H., M.H., yang juga merupakan dosen Program Sarjana Hukum di UIB. Webinar ini dirancang untuk memberikan wawasan praktis dan strategi efektif dalam penulisan jurnal ilmiah internasional, dari tahap ide hingga publikasi. Peserta webinar yang berjumlah 117 orang menunjukkan antusiasme tinggi, terlihat dari sesi tanya jawab yang interaktif. Para peserta berasal dari berbagai latar belakang akademik dan institusi, yang membuat diskusi semakin beragam dan kaya informasi.

Dalam sambutannya, Dr. Lu Sudirman, Dekan Fakultas Hukum Universitas Internasional Batam (UIB), menyampaikan rasa bangganya atas pelaksanaan kegiatan ini. “Webinar ini merupakan langkah nyata kami dalam mendukung peningkatan kualitas penulisan ilmiah di kalangan akademisi, baik di Fakultas Hukum Universitas Internasional Batam (UIB) maupun di luar Universitas Internasional Batam (UIB),” ujar Dr. Lu.

A group of people on a computer screen

Description automatically generated

Bapak Muhammad Bahrul Ulum dalam paparannya menyampaikan pentingnya originalitas dan kontribusi signifikan dalam penelitian untuk diterima di jurnal internasional. Sementara itu, Bapak David Tan menekankan aspek teknis dalam penulisan, termasuk struktur penulisan dan penggunaan referensi yang tepat. Ibu Ninne Zahara Silviani sebagai moderator berhasil menjaga alur diskusi berjalan dengan baik dan menarik. Beliau juga memastikan setiap pertanyaan dari peserta dijawab dengan detail oleh para narasumber.

Webinar ini diharapkan dapat menjadi bekal berharga bagi para peserta dalam mengembangkan karya ilmiah mereka, serta meningkatkan jumlah publikasi internasional dari akademisi Indonesia. UIB berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan serupa di masa mendatang demi kemajuan dunia akademik dan penelitian. Dengan kegiatan ini, UIB semakin mengukuhkan posisinya sebagai institusi pendidikan yang berorientasi pada kualitas dan pencapaian internasional, serta terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan di tingkat global.

Penulis

Admin Program Sarjana Hukum Universitas Internasional Batam (UIB)

Open chat
1
Butuh bantuan?
Humas UIB
Hallo, silahkan tanya sesuatu