UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM ID

Rabu, 27 Maret 2024 – Universitas Internasional Batam (UIB) lolos seleksi dalam program kolaborasi antara dosen dengan praktisi pada program Praktisi Mengajar Angkatan 4 tahun 2024. Program Praktisi Mengajar adalah inisiasi yang dilakukan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia untuk mempersiapkan lulusan perguruan tinggi agar lebih siap memasuki dunia kerja. Tujuannya adalah mendorong kolaborasi antara praktisi dan dosen untuk bertukar ilmu secara mendalam di kelas, baik secara langsung maupun daring. Program ini diselenggarakan melalui pendanaan dari pemerintah sebagai upaya dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Praktisi akan berkolaborasi dengan dosen dalam pengajaran di kelas agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dari Praktisi yang berpengalaman di bidangnya.

Kegiatan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Praktisi Mengajar Angkatan 4 Tahun 2024 di UIB dilaksanakan sebelum kegiatan dimulai. Bimtek dilaksanakan pada Rabu, 27 Maret 2024 secara online melalui Zoom Meeting bagi Dosen, Praktisi serta Program Studi. Diharapkan Bimtek memberikan informasi terkait teknis pelaksanaan program, agar program dapat berjalan dengan lancar.

Pada program Praktisi Mengajar Angkatan 4 ini, terdapat 8 (delapan) kelas kolaborasi mendapatkan pendanaan untuk melakukan kolaborasi bersama 8 praktisi dari berbagai perusahaan di Indonesia dengan dosen pengampu mata kuliah pada Program Studi Teknik Sipil, Pariwisata, Manajemen, Arsitektur, dan Teknologi Informasi . Delapan praktisi tersebut ialah Bapak Tri Sutrisno dari Studio Trisya Architect, Ibu Ria Juliarti dari PT Wohlrab, Bapak Delzy Yandra dari Hok Tong Group, Ibu Nur Isra Resyah dari Grand Whiz Poins Simatupang Jakarta, Ibu Ainun dari Indonesia Convention Exibition (ICE BSD), Bapak Christovel Khosuma dari PT. Arkanusa Ananta Jati, Bapak Nul Hanif Sutama dari Badan Wilayah Sungai IV, dan Bapak Misriyadi dari PT. Pundi Mas Berjaya. Praktisi-praktisi tersebut akan mengajar di kelas sebanyak 12 jam Pelaksanaan kelas kolaborasi akan dimulai pada tanggal 05 April 2024 pada semester Genap 2023/2024 sesuai dengan timeline program dari Pusat.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi persiapan awal yang membantu Praktisi dan dosen untuk menjalankan kolaborasi pembelajaran dengan lancar. Pelaksanaan Praktisi Mengajar di UIB dijuga diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi serta memperkuat kesiapan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin kompetitif. (Pusat Pengembangan Merdeka Belajar)

Open chat
1
Butuh bantuan?
Humas UIB
Hallo, silahkan tanya sesuatu