Accounting Fun Games XV 2022 oleh HMPS Akuntansi UIB

Ditulis oleh humas

On Agustus 5, 2022

Accounting Fun Games XV 2022, telah berhasil dilaksanakan pada tanggal 03 Juli 2022 dengan baik dan lancar oleh HMPS Akuntansi UIB. Peserta pada kegiatan ini terdiri dari mahasiswa/i yang berasal dari Universitas Internasional Batam, dengan jumlah sebanyak 2 mahasiswa dari angkatan 2018, dan 165 mahasiswa dari angkatan 2019.

Berhubungan dengan dampak Pandemi COVID-19 dan pematuhan terhadap protokol Kesehatan, kegiatan Accounting Fun Games XV 2022 dilaksanakan secara online menggunakan media daring jarak jauh dengan bantuan aplikasi Zoom Meetings secara keseluruhan sehingga dapat mencegah untuk pertemuan secara langsung dan perkumpulan jumlah orang secara banyak.

Accounting Fun Games XV 2022 dilaksanakan dalam 5 sesi, yang terdiri dari:

1. The First Stage

Tahap pertama dari permainan pada acara ini akan diawali dengan game “Multiple Choice”. Pada tahap ini masih mudah dan merupakan pemanasan dari awal dimulainya permainan. Pada sesi 1 terdapat kumpulan soal-soal multiple choice yang terdiri dari 80% teori dan 20% hitungan.

2. The Second Stage

Selanjutnya pada tahap kedua, peserta akan bermain board game. Pada tahap permainan kedua ini, tingkat kesulitan sudah mulai meningkat, yang merupakan perpaduan antara soal yang sedikit kompleks serta kerja sama tim dalam menyelesaikan sesi Accounting Ladders ini.

3. The Third Stage

Pada pertengahan acara ini, akan dilanjutkan dengan games sesi ketiga, yaitu High Risk High Return. Di permainan ini, ibaratnya seperti gambling yaitu peserta akan mempertaruhkan poin mereka. Tim peserta diberikan kebebasan memilih poin yang ingin didapatkan dan tentu saja poin yang semakin tinggi tingkat kesulitan juga akan lebih tinggi. Apabila tim peserta salah menjawab, tim peserta akan mengalami penurunan poin.

4. The Fourth Stage

Selanjutnya pada tahap keempat, yang menjadi tahap yang paling sulit dan penentuan ke final game. Pada tahap permainan keempat ini, kelompok peserta akan mengerjakan case study namun dengan konsep estafet. Setiap anggota kelompok akan mengerjakan soal secara bergiliran sehinggu tentu saja membutuhkan kerja sama tim dan time management yang baik dalam menyelesaikan permainan ini.

5. The Last Stage

Pada tahap ini akan dilakukan oleh 2 tim peserta yang masih bertahan merupakan tantangan terakhir yang akan dihadapi, melalui sesi debat. Kedua tim akan diberikan topik debat seminggu sebelum Accounting Fun Games XV dimulai. Tahap akhir ini tim peserta tidak lagi melakukan perhitungan akuntansi melainkan akan diuji dengan mengasah pengetahuan mereka kemudian mampu menyajikan dan mempertahankan pendapat yang menurut tim peserta benar namun harus sesuai dengan  dengan kaidah dan peraturan yang berlaku.

Accounting Fun Games XV 2022 membawa 1 kelompok sebagai juara 1, 1 kelompok sebagai juara 2, 1 kelompok sebagai juara 3, 1 kelompok sebagai harapan 1, dan 1 kelompok sebagai harapan 2. Juara 1 dimenangkan oleh kelompok Guatemala, juara 2 dimenangkan oleh kelompok Chile, juara 3 dimenangkan oleh kelompok Islandia, harapan 1 dimenangkan oleh kelompok Dominika, dan harapan 2 dimenangkan oleh kelompok Laos.

Berita Lainnya…